Masalah Umum Tune Up Mobil EFI dengan Teknologi Throttle by Wired

Mimin

Moderator
Staff member
#1
Saya pernah menemui masalah ketika tune up mobil EFI dengan teknologi throttle by wired. Ketika kita bersihkan menggunakan cairan kimia untuk membersihkan keraknya dan kawatir tertaji konseleting maka saya cabut koneksi kabel yang menempel pada throttle, namun akibatnya setelah pembersihan selesai dan saya konek lagi kabelnya, didapati keadaan putaran idle rpmnya malah jadi naik turun dan kadang rpm tinggi sampai 3000 tidak turun-turun.
Saya sudah pakai scanner namun bingung pakai menu mana ...mohon penjelasan ?
 

Mimin

Moderator
Staff member
#2
Pengalaman saya, yang namanya throttle by wired memerlukan referensi dari ECU untuk menginformasikan limit rpm idlenya, maka dari itu untuk menginformasikan referensi itu kita namakan proses learning, yaitu tepatnya nya proses idle air volume learning.

Menu ini akan kita dapati di scanner dengan pilih masuk ke merk mobil yang dimaksud dan pilih typenya secara tepat, dan masuk ke kategory engine, dan nanti ada pilihan Work Support dan ada opsi pilihan Idle Air Volumen Learning.

Nah ikuti langkah berikutnya yaitu syaratnya kendaraan harus mesin hidup dan suhu engine tidak lebih dari 30 derajat celcius. Nanti scanner akan membantu men-setting referensi rpm idle ke posisi default nya.

Moga bermanfaat..